Identifikasi Contoh
·         Nina seorang siswa kelas 1 SD, dia berpenampilan rapi seperti teman lainnya, tetapi jarang terlihat bermain bersama teman-temannya pada saat istirahat, dia lebih banyak diam.

·         Pada saat pelajaran di dalam kelas Nina lebih banyak terdiam pasif, seperti orang yang bingung.

·         Jika diberi tugas oleh guru dia lebih tidak tahu perintah apa yang harus dikerjakan, apalagi jika beberapa tugas diberikan dalam satu instruksi sekaligus.

·         Dalam pelajaran bidang akademik baik membaca, menulis maupun berhitung dia tidak mampu mengerjakan

·         Pada buku catatannya hanya terlihat coret-coret gambar yang tidak jelas maksudnya.

 

 

 

 

Hasil Asesmen Contoh
Setelah dilakukan asesmen, maka di peroleh hasil :

Aspek Akademik

a.       Kemampuan membaca

Siswa belum mampu mengenal dan mengidentifikasi huruf

b.      Kemampuan menghitung

Siswa mampu membilang angka 1-3 namun belum bisa menuliskannya, Siswa belum mampu membedakan angka dan makna dari setiap angka.

c.       Kemampuan menulis

Siswa sudah mampu membuat garus lurus, melengkung, dll dengan bantuan garis putus-putus. Siswa belum mampu menuliskan angka ataupun huruf secara mandiri

Aspek Perkembangan

a.       Kemampuan Kognitif

Kemampuan memahami instruksi siswa masih terbatas, instruksi yang diberikan harus diberikan secara bertahap dan diberikan contoh.

b.      Kemampuan Bahasa dan Komunikasi

Anak tidak mengalami gangguan artikulasi, namun perbendaharaan kata siswa masih terbatas terutama pada kata-kata yang abstrak.

c.       Kemampuan Sosial

Siswa cenderung diam dan jarang bergabung bermain dengan temannya namun jika terdapat teman atau guru yang mengajak berbicara terlebih dahulu siswa mau merespon

d.      Kemampuan Emosi

Siswa tidak memiliki emosi yang meledak-ledak, jika kemauannya tidak terpenuhi anak tidak marah namun memilih untuk diam.

 

·         Nina dinyatakan tunagrahita karena berdasarkan hasil pemeriksaan psikologis Nina memiliki kapasitas intelektual IQ 65.

 

 

 

 

 

Rancangan Akomodasi Kurikulum Contoh
Berdasarkan asesmen yang telah dilakukan, rancangan kurikulum yang sesuai dengan kondisi siswa adalah dengan memodifikasi kurikulum tersebut.

Contohnya adalah menurunkan indikator umum dan dibuat sesuai dengan kondisi anak

 

 

Rancangan Desain Pembelajaran Contoh
Desain pembelajaran yang dapat dilakukan adalah :

1.      Memberikan materi pembelajaran yang sederhana dan fungsional

2.      Memecah materi pembelajaran menjadi unit-unit kecil

3.      Mengulang-ulang materi sedikit demi sedikit

4.      Menggunakan media pembelajaran yang sederhana dan tidak rumit namun dapat dipahami siswa dan bersifat kongkrit

5.      Pembelajaran berbasis kerja kelompok agar menumbuhkan sosialisasi antar siswa