Area Akomodasi Pelaksanaan Pembelajaran meliputi :
  1. Materi
  2. Strategi/Metode
  3. Media/Alat/Sumber Belajar
  4. Pengelolaan lingkungan (fisik dan non fisik)

 

 

Tipe Siswa Berkebutuhan Khusus Akomodasi Materi Akomodasi Strategi dan Metode Akomodasi Media
Hambatan Penglihatan • Ditulis dengan huruf Braille
• Disajikan dalam format auditif (MP3, MP4, dll)
• Tidak semua materi dapat ditulis dengan huruf Braille dan auditif sehingga bisa saling melengkapi
• Gambar 2 dimensi diilustrasikan dalam gambar timbul

• Informasi disajikan dalam bentuk auditif dan taktil
• Usahakan suara guru terdengar dengan baik saat mengajar
• Perhatikan posisi tempat duduk siswa, pencahayaan, serta ada teman yang bisa mendampingi untuk menginformasikan tulisan atau gerakan
• Mengganti kata “ini, itu, disana, disini dengan kata kanan, kiri, depan, belakang”

• Menggunakan teknologi bantu seperti komputer bicara dengan aplikasi JAWS
• Menggunakan media pembelajaran yang mengoptimalkan taktil misal model 2 dimensi yang timbul sehingga bisa diraba, media 3 dimensi, dll
• Menggunakan bahan ajar seperti buku Braille, perpustakaan online, dll
Hambatan Pendengaran • Disajikan dalam bentuk visual dan menarik
• Hindarkan kata-kata asing, kecuali jika kata itu digunakan untuk menambah perbendaharaan kata anak
• Memberikan pertanyaan/soal yang ringkas dan jelas
• Menggunakan komunikasi total
• Posisikan siswa duduk dekat dengan guru sehingga wajah dan gerakan bibir guru dapat terlihat jelas
• Tidak berbicara membelakangi siswa
• Berbicara tidak terlalu cepat, artikulasi jelas dan menggunakan bahasa yang sederhana
• Informasi diperjelas dengan visual
• Menggunakan media berbasis visual yang menarik misalnya power point, gambar, miniatur, dll
• Menggunakan alat bantu apabila memungkinkan, translator audio-isyarat digital
Hambatan Intelektual • Memberikan materi yang sederhana, kongkrit, bermakna dan dimulai dari yang mudah
• Fungsional dan kontekstual
• Memecah materi dalam unit-unit kecil
• Informasi disakjikan secara kongkrit dan fungsional
• Mengulang informasi agar tidak mudah lupa dan sering memberikan feedback untuk memastikan pemahaman siswa
• Menggunakan strategi tutor sebaya dan kelompok kecil
• Menggunakan media pembelajaran yang tidak rumit namun mengandung pesan yang bermakna dan jelas
• Mengoptimalkan menggunakan bahan ajar yang kongkrit
Hambatan Fisik • Memberikan materi yang sederhana dan bertahap • Mengganti aktivitas motorik yang tidak bisa dilakukan siswa dengan aktivitas lain yang bermakna • Memfasilitasi meja-kursi, papan tulis, serta sarana dan prasana yang aksesibel
• Pemanfaatan multimedia
Autis • Memberikan informasi dalam bentuk visual, kinestetik, dan taktil
• Memberikan materi yang bermakna, jelas, fungsional, dan bermakna
• Memperhatikan keterarahan wajah dan saat menjelaskan menggunakan kata yang sederhana dan jelas
• Mempertimbangkan kemampuan komunikasi dan interaksi sosial anak
• Menghindari pemicu masalah perilaku autistik
• Media dan sumber belajar lebih bersifat visual, misalnya : gambar-gambar yang jelas dan sederhana
• Media dan sumber belajar kontekstual dengan keseharian siswa
Gangguan Emosi dan Perilaku • Pengemasan materi yang menarik
• Panduan yang jelas untuk semua aktivitas belajar
• Terintegrasi dengan konteks keterampilan sosial
• Pembelajaran terintegrasi dengan modifikasi perilaku
• Menggunakan metode yang menarik, bervariasi, dan tidak membosankan serta sering memberikan feedback kepada anak
• Media dan sumber belajar yang dapat menarik minat anak
• Mempertimbangkan keamanan media atau sumber belajar
Kesulitan Belajar Spesifik Memberikan materi yang jelas dan sederhana
• Membagi materi menjadi bagian yang kecil-kecil
• Memberikan panduan/instruksi yang jelas pada seluruh aktivitas belajar
• Menggunakan metode yang menarik, bervariasi dan tidak membosankan
• Memanfaatkan semua indera dalam pembelajaran
• Media dan sumber belajar yang melibatkan seluruh indera (multisensori)
• Media dan sumber belajar yang berbasis aktivitas
Gifted/Talented Memungkinkan pengayaan materi (enrichment) • Pembelajaran kolaboratif dan kooperatif untuk mendukung keterampilan sosial
• Menerapkan discovery learning & inquiry learning
• Memperkaya materi dengan eksperimen
• Media dan sumber belajar diupayakan menarik minat dan ide siswa untuk pengembangan dan pengayaan materi
Akomodasi Lingkungan Belajar

Akomodasi Lingkungan Fisik
a. Aksesibel dan keamanan
b. Meminimalisir gangguan yang dapat mengganggu pembelajaran
c. Penataan lingkungan kelas yang kondusif (pencahayaan, sirkulasi, udara, dan kebersihan)
d. Penataan yang fleksible

Akomodasi Lingkungan Non Fisik
a. Lingkungan yang aman dan nyaman
b. Memberikan penguatan perilaku positif
c. Pendidikan karater
d. Mendukung perkembangan psiko-sosial
e. Dukungan dari dan ke orangtua