Anak berkesulitan belajar spesifik adalah anak yang mengalami kesulitan belajar dikarenakan adanya gangguan persepsi. Berkesulitan belajar berkaitan dengan prestasi belajar (achivement) yang diperoleh siswa, memiliki kapasitas intelektual normal ke atas tetapi memiliki prestasi belajar rendah pada bidang akademik khusus yaitu kesulitan membaca (disleksia), kesulitan menghitung (diskalkulia), dan kesulitan menulis (disgrafia). Namun, pada mata pelajaran lainnya tidak mengalami kesulitan yang signifikan

Karaktersitik :

  • Memiliki kecerdasan (IQ) yang normal atau diatas normal
  • Adanya gangguan persepsi misalnya: memiliki gangguan dalam kemampuan spasial, sulit membedakan huruf yang hampir sama seperti b dan d, m dan w
  • Memiliki prestasi belajar yang rendah di mata pelajaran tertentu
  • Kesulitan dalam beberapa hal akademik (membaca, menghitung, menulis) namun dalam hal akademik lainnya tidak mengalami kesulitan